BAB ini kawat gigi popular dikalangan remaja. Selain

BABIPENDAHULUANA.   Latar BelakangDalam perkembangan ilmupengetahuan dan teknologi pada bidang kesehatan, pemeriksaan radiologi merupakansalah satu sarana yang digunakan sebagai acuan diagnosa dalam bidang kedokteran.Dalam bidang pemeriksaan radiologi dibagi menjadi dua, yaitu pemeriksaanradiologi konvensional dan pemeriksaan radiologi imaging.(Purwanegara &Iskandar, 2006). Dalam pemanfaatannya,radiologi memanfaatkan sinar-x dalam menghasilkan gambaran anatomi danfisiologi manusia.(Suyatno, 2008) . Sinar-x merupakan energi yang termasuk dalamspektrum elektromagnetik(Hubar, 2017).Pemeriksaan radiologi menjadisalah satu penunjang dalam bidang kedokteran gigi.

Periksaan radiologi sendiriberfungsi untuk mendiagnosis kelainan seperti penyakit dan luka, jumlah,susunan, posisi gigi dan tulang rahang dan masih banyak lagi (Pratiwi, 2009).Dengan perkembangan yangterjadi dalam bidang radiologi, pesawat panoramik menjadi multi fungsi, salahsatunya adalah pemeriksaan cephalometri. analisacephalometri telah digunakan sebagaiprosedur diagnostik rutin di bidang orthodonticsselama lebih dari 60 tahun menggunakan pengukuran sudut dan jarak padapemeriksaan radiografi cephalography lateral(Daskalaki, 2009).Kawat gigi di era lampaudipandang sebagai hal yang aneh dan merepotkan, namun saat ini kawat gigipopular dikalangan remaja. Selain memiliki fungsi memperbaiki tekstur rahangmaupun gigi, saat ini kawat gigi juga berfungsi sebagai hiasan di wajah untuk mendukungpenampilan seseorang (Soebroto, 2009).Pemeriksaan cephalometridilakukan dalam proyeksi lateral dan posterior anterior (PA). hasil gambaranyang dihasilkan digunakan untuk mengitung dan memonitor pertumbuhantulang-tulang wajah dan gigi geligi. Pemeriksaan proyeksi lateral digunakanuntuk.

Pemeriksaan ini menggambarkan soft tissue nasofaring, sinus paranasal,palatum, dan sella turcica. Proyeksi posterior-anterior (PA) dilakukan untukmelihan kemiringan tulang wajah dan untuk Analisa sebelum dan sesudahdilakukannya tindakan orthognathic (Karjodkar, 2011).Seiring perkembangan zaman,pemeriksaan cephalometri telah memanfaatkan sistem computed radiography. Computedradiography (CR) merupakan proses digitalisasi gambar yang menggunakan Photostimulable Plate untuk akuisisihasil gambaran.

Pada dasarnya sistem kerja CR sama dengan radiografi konvensional, hannya saja penerima gambar yangdigunakan ialah Photostimulable PhosporPlate sebagai imaging plate (IP)(Fahmi, Firdausi, & Budi, 2008). Dalam penggunaan computed radiography tidakmembutuhkan modifikasi pada pesawat hannya saja membutuhkan alat penunjangtambahan seperti image reader, printer, dancomputer workstation (Johnston, 2016). RS Siloam TB Simatupangmelakukan pemeriksaan cephalometri menggunakan pesawat CR cephalometri.Proyeksi pemeriksaan yang digunakan hannya proproyeksi lateral. Pasiendiposisikan berdiri true lateral dengan bagian kepala sebelah kiri berada dekatdengan kaset. Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat soft tissue dan gambarantulang yang berguna sebgai dasar perhitungan orthodontic.  B.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

    RumusanMasalahBerdasarkanlatar belakang yang telah dijabarkan diatas, maka didapatkan rumusan masalahsebagai berikut ;Bagaimanaprosedur pemeriksaan cephalometri dengan menggunakan Computed Radiography di RS Siloam TB Simatupang?  C.     TujuanPenelitian 1.      TujuanUmumMendeskripsikan prosedur  pemeriksaan cephalometri menggunakan computedradiography di RS Siloam TB Simatupang.2.      Tujuankhususa.       Untukmengetahui prosedur pemeriksaan cephalometri menggunakan computedradiography di RS Siloam T.

B Simatupang.b.      Untukmengetahui komponen-komponen yang digunakan padapemeriksaan cephalometri menggunakan computedradiography.D.    ManfaatpenelitianManfaatpenelitian ini terdiri dari ;1.      SecaraTeoritisUntukmeningkatkan pengetahuan tentang pemeriksaan cephalometri dengan mungganakanteknologi computed radiography.2.

      SecaraPraktisDapatdijadikan bahan masukan dalam penatalaksanaan pemeriksaan cephalometri agarmendapatkan hasil gambaran radiografi yang optimal.             BABIIKAJIANTEORI DAN KERANGKA KONSEP A.      KajianTeori1.       Anatomi Wajaha.        Tulang Tulang wajahStrukturtulang-tulang wajah disatukan oleh sutura yang tidak dapat bergerak, kecuali os mandibula1)       Tulang Hidung (os nasal)Tulang hidung berfungsi sebagai penyangga hidung yangterhubung dengan septum nasal. adapunpanjang tulang hidung setiap individu dengan individu lain memiliki ukuran yangbervariasi.

Os nasal terdiri dari duabagian tulang yang saking berdampingan dan  dihubungkan oleh fissura internasalis. Tulanghidung berhubungan dengan beberapa tulang disekitarnya, diantaranya os frontale yang dihubungkan oleh suturafrontonatalis, 2)       Tulang PalatumTulang palatum terdiri dari dua bagian yaitu palatumkeras yang disusun oleh tajuk-tajuk palatum dan wpalatum lunak yang merupakanlipatan menggantung yang disusun oleh fibrus dan selaput lendir. Tulang palatummemiliki fungsi sebagai pelindung organ dan pembentukan dasar dari rongga mata. Gambar 1.

Tulang Palatum (Netter, 2011) 3)       Tulang Pipi (os zygomaticum)Os Zygomatic membentuk permukaan muka yang menonjol. Os zygomatic memiliki tepi lateral,medial, posterior, dan dua buah processusyaitu processus frontalis dan processus temporalis. Dikalangan umum,tulang zygomatic dikenal juga sebagai tulang pipi. Zygomatic terdiri dari empatpembatasan, yaitu pembatasan orbital, pembatasan rahang, pembatasan temporal,dan pembatasan zygomatic.4)       Tulang LakrimalTulang lakrimal juga biasa disebut tulang air matamerupakan tulang terkecil dan paling rapuh diantar tulang-tulang pada wajahlainnya. Tulang ini terletak pada dinding medial rongga mata. Fungsi utamatulang lakrimal ialah membentuk bagian dari soket mata.

Permukaan tulanglakrimal adalah permukaan orbital dan permukaan hidung.  5)       Tulang VomerTulang vomer adalah tulang tipis berbentuk segi empatyang terletak pada dasar rongga hidung dan merupakan bagian dari septum antaralobang hidung. Vomer berbatasan langsung dengan tulang palatin, maxillaethmoid, dan septal cartilage.6)       Konka Nasal inferiorKonka nasal inferioradalah tulang lempeng yang tipis yang terletak pada bagian medial dari dindinglateral hidung dan membentuk sebagian dinding medial atrium maxilla.

7)       Tulang RahangBawahMandibula merupakan pembentuk rahang bawah. Tulang ini berbentuktapal kuda yang membentang secara horizontalS. Mandibula terdiri dari bagianbadan (corpus), yaitu bagian badantengah yang melengkung secara horizontal yang membentuk dagu dan terdapat gigibagian bawah serta terdapat dua bagian tegak yaitu ramus. Gambar 2.

Tulang Rahang Bawah (Netter, 2011)8)       Tulang Rahang AtasMaxilla merupakan tulang yang membentuk kerangka wajah danrahang atas. Setiap maxilla menyatudan membentuk badan dan 4 processu, yaitu frontal, alveolar, palatin, dan processus zygomaticum. Maxilla merupakantempat melekatnya gigi geligi rahang atas. Gambar 3. Tulang Rahang Atas Tampak Lateral (Netter, 2011) b. Anatomi SinusParanasal            Sinusparanasal adalah rongga yang terdapat diantara tulang-tulang tertentu padakepala. Rongga ini terhubung dengan cavumnasalis dan sejajar dengan membran mucosa. Terdapat empat jenis sinus,yaitu sinus frontalis yang berada di dekat tulang frontal, sinus etmoidalisyang berada di dekat tulang etmoid, sinus spenoidalis yang berada di dekattulang spenoid, dan sinus maxillaris yang berada di dekat tulang maxilla.

c.    Anatomi Gigi geligi            Gigigeligi manusia merupakan jenis heterodontal,yaitu setiap gigi memiliki berbagai bentuk dan fungsi. Terdapat 4 jenis gigimanusia, yaitu ;1)       IncisivusIncisivus disebut juga gigi seri. Berfungsi sebagai